Senin, 24 Februari 2014

Force Majeur Dalam Dunia Perhotelan

Dalam bisnis perhotelan dan penginapan, sering kali kita dihadapkan pada keadaan di mana tamu secara tiba-tiba membatalkan pesanan kamarnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tamu hotel membatalkan pesanan hotelnya. Yang sedang santer diberitakan saat ini adalah berasal dari force majeur. Force majeur adalah keadaan kahar yang berarti kekuatan yang lebih besar, suatu kejadian yang terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindarkan sehingga suatu kegiatan tidak dapat dilaksanakan atau tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Yang termasuk kategori keadaan kahar adalah peperangan, kerusuhan, revolusi, bencana alam, pemogokan, kebakaran, dan bencana lainnya yang harus dinyatakan oleh pejabat/ instansi yang berwenang.

Tugu Jogja Pasca Hujan Abu Gunung Kelud (news.liputan6.com)
Force majeur yang menimpa hampir sebagian besar industri perhotelan di Yogyakarta beberapa waktu lalu adalah hujan abu vulkanik yang merupakan imbas dari meletusnya Gunung Kelud. Yogyakarta adalah salah satu wilayah yang terkena dampak cukup parah akibat semburan abu vulkanik dari erupsi Gunung Kelud. Kegiatan perekonomian termasuk pariwisata terhenti selama 2 hari pasca hujan abu yang menyelimuti dan melumpuhkan sebagian besar wilayah Yogyakarta. Kejadian yang terjadi pada hari kamis (13/2/2014) lalu berimbas sangat besar terhadap perekonomian di Yogyakarta. Hujan abu vulkanik dampak dari meletusnya Gunung Kelud ini termasuk dalam kategori bencana alam yang tidak bisa kita duga sebelumnya dan di luar kekuasaan kita. Pelaku pawisata dan pengusaha di bidang perhotelan di Yogyakarta mengalami penurunan omzet yang cukup drastis dan mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. Bagaimana tidak, reservasi hotel yang seharusnya terisi pada hari reservasi, mendadak dibatalkan karena ada keadaan darurat dan mau tidak mau harus dibatalkan oleh calon tamu.

Sekarang setelah hampir 2 minggu pasca hujan abu akibat erupsi Gunung Kelud, geliat pelaku industri pariwisata dan perhotelan di Yogyakarta sudah mulai nampak dan bangkit lagi. Tamu-tamu sudah mulai datang dan memadati obyek wisata yang ada. Bandara dan stasiun pun tetap ramai oleh wisatawan yang hendak menuju Yogyakarta untuk berkunjung, baik sekedar berwisata ataupun urusan bisnis. Hotel-hotel yang tadinya sempat berhenti beraktivitas untuk membersihkan abu yang menyelimuti, kini sudah siap beroperasi kembali serta melayani dan menyambut tamu yang datang untuk menginap di sana. Dengan kembali normalnya aktivitas perhotelan seperti sedia kala, TitanSystems dengan software EazyHotel siap membantu Anda yang bergerak di bisnis perhotelan untuk menyambut tamu yang datang dan menginap di hotel Anda. Software EazyHotel dari TitanSystems akan menangani manajemen hotel dengan cepat dan tepat. Reservasi kamar dan service hotel bisa segera ditangani untuk menjamin kepuasan tamu yang akan menginap di hotel Anda. Bila tamu yang menginap di hotel Anda puas dengan pelayanan dan fasilitas yang ada, bukan tidak mungkin mereka akan kembali untuk menginap dan merekomendasikan hotel Anda ke rekan ataupun temannya. Promosi gratis dari tamu yang puas akan pelayanan dari hotel Anda.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menyambut kembali tamu yang akan menginap di hotel Anda? :)

0 komentar:

Posting Komentar