Minggu, 01 Desember 2013

Testimoni Hotel Lilik

Kawasan Malioboro merupakan daerah yang sangat identik dengan kota Yogyakarta. Setiap harinya selalu saja ada turis baik asing maupun lokal yang memadati tempat yang seolah menjadi ikon kota Yogyakarta tersebut. Selain berbelanja oleh-oleh khas Yogya, para turis juga bisa menikmati suasana sekitar Malioboro yang memang masih dipenuhi oleh banyak bangunan kuno dan antik.
Hotel Lilik
Tidak jauh dari kawasan Malioboro, terdapat wilayah yang kerap dijuluki sebagai kampung turis. Sosrowijayan dan Dagen adalah nama daerah yang dimaksud. Sepanjang jalan di daerah Dagen dan Sosrowijayan itu berdiri banyak penginapan untuk melayani para tamu yang akan menginap selama berwisata. Mulai dari penginapan kelas losmen hingga hotel berbintang ada di sini. Salah satu hotel yang telah lama berdiri di kawasan ini adalah hotel Lilik yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dan masih tetap eksis hingga sekarang. Selama puluhan tahun sejak berdirinya, sistem yang digunakan untuk melayani tamu dan pelanggannya masih menggunakan sistem manual dan belum pernah menggunakan sistem akuntansi sejenis. Namun sejak bulan september 2013 lalu, perlahan sistem akuntansi yang digunakan sudah mulai terkomputerisasi dan lebih modern. Software EazyHotel dari TitanSystems dipercaya oleh hotel Lilik untuk membantu menangani pengelolaan operasional hariannya. Mulai dari pencatatan stok kamar kosong, layanan room service, food and beverage (F&B), laundry dan service yang ada di dalam hotel lainnya.
Hotel Lilik
Bu Nita yang merupakan owner dan pak Robby selaku Quality Control dari Hotel Lilik menyatakan bahwa selama beberapa bulan ini menggunakan software EazyHotel dari TitanSystems telah banyak terbantu mengenai sistem akuntansi dan pencatatan laporan keuangannya. Dengan sistem yang mudah dipelajari, dalam jangka waktu dua bulan sudah 70% ilmunya dikuasai oleh orang yang awam ilmu akuntansi sekalipun. Mulai dari pendataan income lebih tercatat dengan rapi, pemahaman sistem yang mudah dan jelas, sistem check in dan check out yang cepat dan catatan pelanggan yang pernah menginap di hotel Lilik juga telah tersedia untuk sewaktu-waktu digunakan kembali jika akan menginap.

Menurut staf dari hotel Lilik, penampilan software EazyHotel dari TitanSystems ini sudah cukup menarik, display dan bahasanya mudah dipahami oleh orang yang awam akuntansi sekalipun. Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh software EazyHotel ini pun juga makin melengkapi dan mempermudah hotel Lilik untuk mengetahui persediaan barang dan kamar yang bisa dijual pada tamu. Sejauh ini, respon dari hotel Lilik sudah cocok dengan software EaazyHotel dari TitanSystems, apalagi didukung oleh follow up dari tim TitanSystems yang bagus dan bergerak cepat dalam menangani pertanyaan dan keluhan dari hotel Lilik serta klien lainnya. Ke depannya, hotel Lilik mengharapkan hubungan yang lebih baik lagi. Owner dari hotel Lilik yang berencana membuka jenis usaha baru juga mengharap bisa terjalin kerjasama lain yang tentunya diharapkan bisa menguntungkan kedua belah pihak. Salam sukses!

0 komentar:

Posting Komentar